Pages

Rabu, 21 Januari 2015

Sejarah Kebudayaan Islam

Allah Maha Besar

  • Sejarah Masuknya Islam di Indonesia
  • 1. MASUKNYA ISLAM KE INDONESIAMASUKNYA ISLAM KE INDONESIA Setidaknya ada enam pendapat tentang masuknyaSetidaknya ada enam pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia ;Islam ke Indonesia ; 1.1. HAMKA ; Islam masuk dan berkembang diHAMKA ; Islam masuk dan berkembang di Indonesia berasal dari Jazirah Arab atau bahkan dariIndonesia berasal dari Jazirah Arab atau bahkan dari Makkah pada abad ke-7 M/abad ke-1 H. Pendapat iniMakkah pada abad ke-7 M/abad ke-1 H. Pendapat ini mendasarkan pada fakta bahwa mazhab yangmendasarkan pada fakta bahwa mazhab yang berkembang di Indonesia adalah mazhab Syafi’i.berkembang di Indonesia adalah mazhab Syafi’i. Menurutnya, mazhab Syafi’i berkembangMenurutnya, mazhab Syafi’i berkembang sekaligus dianut oleh penduduk di sekitar Makkah.sekaligus dianut oleh penduduk di sekitar Makkah. Selain itu, yang tidak boleh diabaikan adalah faktaSelain itu, yang tidak boleh diabaikan adalah fakta menarik lainnya bahwa orang-orang Arab sudahmenarik lainnya bahwa orang-orang Arab sudah berlayarberlayar
  • 2. mencapai Cina pada abad ke-7 M dalam rangkamencapai Cina pada abad ke-7 M dalam rangka berdagang. Hamka percaya, dalam perjalananberdagang. Hamka percaya, dalam perjalanan inilah mereka singgah di kepulauan Nusantarainilah mereka singgah di kepulauan Nusantara pada waktu itu.pada waktu itu. 2.2. Poortman, setelah melakukan penelitian terhadapPoortman, setelah melakukan penelitian terhadap naskah-naskah Cina kuno yang tersimpannaskah-naskah Cina kuno yang tersimpan diklenteng-klenteng di Cirebon, Semarang dandiklenteng-klenteng di Cirebon, Semarang dan Jakarta menyimpulkan bahwa Islam dibawa danJakarta menyimpulkan bahwa Islam dibawa dan disebarkan di Indonesia oleh orang-orang Cina.disebarkan di Indonesia oleh orang-orang Cina. Mereka yang menyebarkan ini bermazhab Hanafi.Mereka yang menyebarkan ini bermazhab Hanafi. 3.Snouck3.Snouck Hurgronje ; Islam yang masuk keHurgronje ; Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat pada abad ke-12 M.Indonesia berasal dari Gujarat pada abad ke-12 M. Islam dibawa dan disebarkan oleh pedagang-Islam dibawa dan disebarkan oleh pedagang- pedagang Gujarat yang singgah di kepulauanpedagang Gujarat yang singgah di kepulauan Nusantara.Nusantara.
  • 3. Mereka menempuh jalur perdagangan yang sudahMereka menempuh jalur perdagangan yang sudah terbentuk antara India dan Nusantara. Ia mengambilterbentuk antara India dan Nusantara. Ia mengambil pendapat ini dari Pijnapel, seorang pakar daripendapat ini dari Pijnapel, seorang pakar dari Universitas Leiden Belanda, yang sering menelitiUniversitas Leiden Belanda, yang sering meneliti artefak-artefak peninggalan Islam di Indonesia.artefak-artefak peninggalan Islam di Indonesia. 4.Fatimi ; Islam yang ada di Indonesia ini sebenarnya4.Fatimi ; Islam yang ada di Indonesia ini sebenarnya berasal dari Bangladesh.Ia mendasarkan pada faktaberasal dari Bangladesh.Ia mendasarkan pada fakta bahwa nisan-nisan kuburan yang ada di Aceh danbahwa nisan-nisan kuburan yang ada di Aceh dan Gresik lebih mirip dengan bentuk nisan-nisanGresik lebih mirip dengan bentuk nisan-nisan kuburan yang ada di Benggala, sekitar Bangladeshkuburan yang ada di Benggala, sekitar Bangladesh sekarang. Kecuali itu, Fatimi percaya bahwasekarang. Kecuali itu, Fatimi percaya bahwa pengaruh-pengaruh Islam di Benggala itu banyakpengaruh-pengaruh Islam di Benggala itu banyak ditemui dalam Islam yang berkembang di Nusantaraditemui dalam Islam yang berkembang di Nusantara dulu.dulu.
  • 4. 5.GE. Marrison ; Islam yang datang ke Indonesia5.GE. Marrison ; Islam yang datang ke Indonesia berasal dari Pantai Coromandel India Selatan.berasal dari Pantai Coromandel India Selatan. Alasannya, pada abad ke-13 M, Gujarat masihAlasannya, pada abad ke-13 M, Gujarat masih menjadi sebuah kerajaan Hindu, sedang di Pantaimenjadi sebuah kerajaan Hindu, sedang di Pantai Coromandel Islam telah berkembang. Marrison jugaCoromandel Islam telah berkembang. Marrison juga berpendapat, para pembawa dan penyebar Islamberpendapat, para pembawa dan penyebar Islam yang pertama ke Indonesia adalah para Sufi India.yang pertama ke Indonesia adalah para Sufi India. Mereka menyebarkan Islam di Indonesia denganMereka menyebarkan Islam di Indonesia dengan pendekatan tasawwuf pada akhir abad ke-13 M.pendekatan tasawwuf pada akhir abad ke-13 M. 6.Hoesein Djajadiningrat mengemukakan pendapat,6.Hoesein Djajadiningrat mengemukakan pendapat, bahwa Islam yang masuk ke Indonesia berasal daribahwa Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia. Ia beralasan, peringatan 10 Muharram atauPersia. Ia beralasan, peringatan 10 Muharram atau hari Asyura sebagai hari kematian Husein bin Ali binhari Asyura sebagai hari kematian Husein bin Ali bin Abi Thalib yang ada di Indonesia berasal dariAbi Thalib yang ada di Indonesia berasal dari perayaan kaum Syiah di Persia.perayaan kaum Syiah di Persia.
  • 5. Peringatan 10 Muharram itu lebih dikenal sebagaiPeringatan 10 Muharram itu lebih dikenal sebagai perayaan hari Karbala. Djajadiningrat juga yakinperayaan hari Karbala. Djajadiningrat juga yakin dengan pendapat ini, karena keberadaan pengaruhdengan pendapat ini, karena keberadaan pengaruh bahasa Persia di beberapa tempat di Indonesia. Selainbahasa Persia di beberapa tempat di Indonesia. Selain itu, keberadaan Syeikh Siti Jenar dan Hamzah Fansuriitu, keberadaan Syeikh Siti Jenar dan Hamzah Fansuri dalam sejarah Indonesia menandakan adanyadalam sejarah Indonesia menandakan adanya pengaruh ajaran wpengaruh ajaran wihdatul wujudihdatul wujud  Al-Hallaj, seorang Sufi Al-Hallaj, seorang Sufi yang berasal dari tanah Persia.yang berasal dari tanah Persia. Catatan ;Catatan ; Djajadiningrat dikenal sebagai orang IndonesiaDjajadiningrat dikenal sebagai orang Indonesia pertama yang mempertahankan disertasi di Universitaspertama yang mempertahankan disertasi di Universitas Leiden Belanda pada 1913. Disertasinya itu berjudulLeiden Belanda pada 1913. Disertasinya itu berjudul Critisshe Beschouwing van de Sadjarah BantenCritisshe Beschouwing van de Sadjarah Banten ((Pandangan kritis Mengenai Sejarah Banten.Pandangan kritis Mengenai Sejarah Banten.
  • 6. TERIMA KASIHTERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar