skip to main |
skip to sidebar
Sejarah Kebudayaan Islam
- 2. 2.2.TUJUANTUJUAN Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui danMahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menganalisis sejarah dan peradaban Islammenganalisis sejarah dan peradaban Islam sehingga terpupuk kesadarannya terhadapsehingga terpupuk kesadarannya terhadap pentingnya sejarah dan optimisme mengem-pentingnya sejarah dan optimisme mengem- bangkan peradaban yang Islami, baik dalam kontekbangkan peradaban yang Islami, baik dalam kontek Islam secara universal maupun Islam di Indonesia.Islam secara universal maupun Islam di Indonesia. 3.3.Deskripsi IsiDeskripsi Isi Mata kuliah Sejarah Kebudayaan IslamMata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam III iniI ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepadadimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang sejarah masuknya Islam kemahasiswa tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan penyebarannya sampai pelosokIndonesia dan penyebarannya sampai pelosok negeri, sehingga memahami dan mengetahuinegeri, sehingga memahami dan mengetahui secara faktual kebenaran sejarah kebudayaansecara faktual kebenaran sejarah kebudayaan Islam terutama di Indonesia.Islam terutama di Indonesia.
- 3. 4.4.Pendekatan PembelajaranPendekatan Pembelajaran Pendekatan pembelajaran meliputi :Pendekatan pembelajaran meliputi : MetodeMetode :: ceramah, tanya jawab,ceramah, tanya jawab, penugasanpenugasan dandan diskusidiskusi TugasTugas :: PPembuatan makalahembuatan makalah, p, presentasi,resentasi, observasi danobservasi dan studi kasusstudi kasus MediaMedia:: Whiteboard, LCD, KomputerWhiteboard, LCD, Komputer, internet, internet 5.5.EvaluasiEvaluasi Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan iniKeberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam : a.a. Utama :Utama : -- Pembuatan dan penyajian tugasPembuatan dan penyajian tugas,, -- UTS danUTS dan -- UASUAS b.b. PelengkapPelengkap
- 4. 6.6. Rincian Materi PerkuliahanRincian Materi Perkuliahan PertemuanPertemuan 11 :: Orientasi mata kuliahOrientasi mata kuliah PertemuanPertemuan 22 :: Masuknya Islam di IndonesiaMasuknya Islam di Indonesia PertemuanPertemuan 33 :: Kondisi masyarakat IndonesiaKondisi masyarakat Indonesia (politik, sosial dan ekonomi)(politik, sosial dan ekonomi) PertemuanPertemuan 44 :: Kerajaan-kerajaan Islam di SumatraKerajaan-kerajaan Islam di Sumatra PertemuanPertemuan 55 :: Kerajaan-kerajaan Islam Kalimantan,Kerajaan-kerajaan Islam Kalimantan, Sulawesi dan MalukuSulawesi dan Maluku PertemuanPertemuan 66 :: Kerajaan-Kerajaan Islam di JawaKerajaan-Kerajaan Islam di Jawa PertemuanPertemuan 77 :: Asal – Usul Walisongo (Asal – Usul Walisongo (TTeorieori keturunanketurunan HHadramaut dan Cina)adramaut dan Cina) PertemuanPertemuan 88 :: UTSUTS PertemuanPertemuan 99 :: Biografi dan sejarah perjuanganBiografi dan sejarah perjuangan WalisongoWalisongo :: a.a. Sunan GresikSunan Gresik b.b. Sunan AmpelSunan Ampel
- 5. PertemuanPertemuan 1010 :: Biografi dan sejarah perjuangan WalisongoBiografi dan sejarah perjuangan Walisongo :: 1.1. Sunan DrajatSunan Drajat 22.. Sunan KudusSunan Kudus 33.. Sunan GiriSunan Giri PertemuanPertemuan 1111 :: Biografi dan sejarah perjuangan WalisongoBiografi dan sejarah perjuangan Walisongo :: 11.. Sunan KalijagaSunan Kalijaga 22.. Sunan MuriaSunan Muria 33.. Sunan GunungjatiSunan Gunungjati Pertemuan 1Pertemuan 122 :: Hubungan Politik dan keagamaan antar keraHubungan Politik dan keagamaan antar kera-- jaan Islamjaan Islam Pertemuan 1Pertemuan 133 :: Kedatangan Belanda dan kondisi kerajaanKedatangan Belanda dan kondisi kerajaan Islam di Indonesia Politik Islam Hindia BelandaIslam di Indonesia Politik Islam Hindia Belanda Pertemuan 1Pertemuan 144 : Perkembangan Islam Paska Kemerdekaan: Perkembangan Islam Paska Kemerdekaan
- 6. Daftar BukuDaftar Buku A.L. Tibawi, Islamic Education, Its Traditions and Modernization into theA.L. Tibawi, Islamic Education, Its Traditions and Modernization into the Arab National Systems, London: Luzac & CO.LTD., 1972Arab National Systems, London: Luzac & CO.LTD., 1972 A.S. Tritton, Materials on Muslim Education in the Middle Age, London:A.S. Tritton, Materials on Muslim Education in the Middle Age, London: Luzac & CO. LTD., 1957Luzac & CO. LTD., 1957 Abd. Rahman, Dr., MA., Dikotomi Ilmu Agama dan Nonagama, KajianAbd. Rahman, Dr., MA., Dikotomi Ilmu Agama dan Nonagama, Kajian Sosio-Historis, Penelitian Individual, Semarang: Puslit IAIN Walisongo, 2000Sosio-Historis, Penelitian Individual, Semarang: Puslit IAIN Walisongo, 2000 Abdul Aziz, Drs, dkk, (ed.), Gerakan Islam Kontemporer di Indonesia,Abdul Aziz, Drs, dkk, (ed.), Gerakan Islam Kontemporer di Indonesia, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994 Ahmad Syalabi, Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka al Husna,Ahmad Syalabi, Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka al Husna, 19931993 Albert Hourani, a History of the Arab Peoples, New York: Cambridge, Mass,Albert Hourani, a History of the Arab Peoples, New York: Cambridge, Mass, 1991.1991. Azyumardi Azra, Prof., Dr., ed., Menteri-menteri Agama RI Biografi Sosio-Azyumardi Azra, Prof., Dr., ed., Menteri-menteri Agama RI Biografi Sosio- Politik, Jakarta: Depag RI – Balitbang Agama – PPIM dan INIS, 1998Politik, Jakarta: Depag RI – Balitbang Agama – PPIM dan INIS, 1998 Badri Yatim, Dr., M.A., Historiografi Islam, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu,Badri Yatim, Dr., M.A., Historiografi Islam, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 19971997 ___________________, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo___________________, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996Persada, 1996
- 7. CE. Bosworth, Dr., M.A.,Dinasti-dinasti Islam, Bandung:CE. Bosworth, Dr., M.A.,Dinasti-dinasti Islam, Bandung: Mizan, 1993Mizan, 1993 Charles Michael Stanton, Higher Learning in Islam, theCharles Michael Stanton, Higher Learning in Islam, the Classical Period A.D. 700-1300, USA: Rowman & LittlefieldClassical Period A.D. 700-1300, USA: Rowman & Littlefield Publisher, Inc., 1990Publisher, Inc., 1990 ____________________, Pendidikan Tinggi dalam Islam, terj.____________________, Pendidikan Tinggi dalam Islam, terj. H. Affandi dan Hasan Asari, Jakarta: Logos, 1994H. Affandi dan Hasan Asari, Jakarta: Logos, 1994 De Lacy O’learny, D.D., How Greek Science Passed to theDe Lacy O’learny, D.D., How Greek Science Passed to the Arab, London: Routledge & Kegan Paul, 1980Arab, London: Routledge & Kegan Paul, 1980 Fazlur Rahman, Islam dan Modernitas tentang TransformasiFazlur Rahman, Islam dan Modernitas tentang Transformasi Intelektual, Bandung: Penerbit Pustaka, 1985Intelektual, Bandung: Penerbit Pustaka, 1985 ____________, Islam, Bandung: Penerbit Pustaka, 1994____________, Islam, Bandung: Penerbit Pustaka, 1994 Hamka, Prof., Dr., Sejarah Ummat Islam, Jakarta: BulanHamka, Prof., Dr., Sejarah Ummat Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1976Bintang, 1976 Hasan Asari, Menyingkap Zaman Keemasan Islam KajianHasan Asari, Menyingkap Zaman Keemasan Islam Kajian atas Lembaga-lembaga Pendidikan, Bandung: Mizan, 1994atas Lembaga-lembaga Pendidikan, Bandung: Mizan, 1994
- 8. SISTEMATIKA PENYUSUNAN MAKALAHSISTEMATIKA PENYUSUNAN MAKALAH 1.1. PendahuluanPendahuluan 2.2. Rumusan masalahRumusan masalah 3.3. PembahasanPembahasan 4.4. Sesuai dengan materi yang tercantum dalam daftar preSesuai dengan materi yang tercantum dalam daftar pre-- sentasisentasi 5.5. KesimpulanKesimpulan 6.6. PenutupPenutup 7.7. Makalah dibuat 7 – 10 halaman tidak termasuk lembar daftarMakalah dibuat 7 – 10 halaman tidak termasuk lembar daftar pustakapustaka 8.8. Dicetak/prient out dengan menggunakan kertas ukuran kuartoDicetak/prient out dengan menggunakan kertas ukuran kuarto 9.9. Spasi atas-bawah = 1.5Spasi atas-bawah = 1.5 cmcm 10.10. Menggunakan foot noteMenggunakan foot note
- 9. TERIMA KASIHTERIMA KASIH
- 10. TERIMA KASIHTERIMA KASIH
0 komentar:
Posting Komentar