Pages

Rabu, 14 Januari 2015

Ujian Managemen Kurikulum







PANITIA UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN AJARAN 2014/2015
PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG
Nama Mata Kuliah   : Manajemen Pendidikan
SKS                          :  2
Semester/Tahun       : 5 / 2014 - 2015
Prodi/Jurusan           : FAI
Pengampu                : Fatkuroji
Hari/Tanggal            : Minggu, 15 Januari 2015
Waktu                      : 120 menit

Petunjuk pengerjaan :
1.      Jawablah pertanyaan ujian ini dengan analitis kritis!.
2.      Selamat bekerja dan sukses.

Soal Ujian :

1.    Tulislah pengertian dari manajemen dari 2 tokoh manajemen. Pertanyaannya Komentari 2 pendapat tokoh tersebut?
2.    Tulislah prinsip-prinsip manajemen dari 2 tokoh. Pentanyaanya beri penjelasan perbedaan prinsip manajemen dari 2 tokoh tersebut dan mengapa mereka berbeda?
3.    Tulislah pengertian manajemen pendidikan yang berasal dari 3 pakar manajemen pendidikan. Pertanyaanya beri penjelasan mu dari 3 pakar manajemen pendidikan?
4.    Sebutkan dan Jelaskan sepuluh unsur total Quality manajemen?
5.    Jelaskan makna kualitas menurut :
a)      Edward Deming mengatakan bahwa masalah mutu adalah masalah manajemen, dan cara menyelesaikannya adalah dengan manajemen (out of krisis) sebutkan 14 teori manajemen Edward Deming?
b)      Joseph M Juran mengatakan bahwa 85% masalah mutu hasil dari desain proses yang kurang baik, dan 85% masalah itu tangung jawab manajemen, Sebutkan dan jelaskan trilogi kualitas menurut Joseph M Juran?
c)      Jelaskan 14 langkah kualitas (philip Crosby`s 14 step to quality) menurut Philip Crosby?
6.   Jelaskan hal-hal dibawah ini: (a) apa inti dari  delapan Standar Pendidikan Nasional ( uraikan satu per satu secara sistematis 8 setandar tersebut), (b) jelaskan secara sistematis manajemen kesiswaan itu? (c) menurut saudara BOS yang selama ini di berikan apakah sudah cukup untuk meningkatkan kualitas siswa (berikan dasar argumentasimu), (d) bagaimana pendapatmu tentang manajemen pendidikan (berikan contoh dan ulasanmu berkaitan dengan manajemen pendidikan kita saat ini)
Catatan:
Jika ditemukan jawaban yang sama dari mahasiswa yang berbeda, dianggap tidak/ belum mengikuti UAS dengan konsekuensi nilai tidak keluar.























PANITIA UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN AJARAN 2014/2015
PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG
Nama Mata Kuliah   : Manajemen Kelas
SKS                          :  2
Semester/Tahun       : 5 / 2014 - 2015
Prodi/Jurusan           : FAI
Pengampu                : Fatkuroji
Hari/Tanggal            : Minggu, 15 Januari 2015
Waktu                      : 120 menit

Petunjuk pengerjaan :
Jawablah pertanyaan ujian ini dengan analitis kritis!.

1.   Setiap terjadi proses pembelajaran, bagaimana guru mengatur tempat duduk siswa jika terlihat berantakan?
2.   Saat mengajar, bagaimana guru selalu dekat dengan siswa sehingga tercipta iklim sosio-emosional yang baik?
3.   Bagaimana guru mempersiapkan alat peraga untuk membantu proses pembelajaran?
4.   Bagaimanakah yang baik lingkungan kelas saat guru mengajar?
5.   Saat mengajar, bagaimana guru membuat siswa antusias tehadap pelajaran sehingga proses pembelajaran berjalan lancar dan iklim sosio-emosional tercipta baik?
6.   Saat proses pembelajaran berlangsung, bagaimana guru menciptakan suasana yang nyaman untuk siswa sehingga proses pembelajaran menjadi efektif?
7.   Saat proses pembelajaran, bagaimana guru menyesuaikan media pembelajaran yang ia gunakan dengan materi yang ia ajarkan?
8.   Saat guru menciptakan tata tertib, bagaimana guru juga menaati peraturan tersebut?
9.   Bagaimana guru menciptakan kelompok belajar untuk siswa agar proses pembelajaran menjadi efektif?
10.  Bagaimana guru mengatur siswa saat terjadi kegaduhan di kelas yang dapat mengganggu proses pembelajaran?
11. Bagaimana cara guru selalu tepat waktu saat memulai dan mengakhiri pelajaran?
12. Bagaimana cara guru menegakkan disiplin didalam kelas?
13. Bagaimana guru menegur siswa yang tidak mengerjakan PR?
14. Bagaimana guru memberikan contoh agar bertindak ramah terhadap guru dan sesame teman?
15. Bagaimanakah tindakan guru kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan memberikan pendapat?
Catatan:
Jika ditemukan jawaban yang sama dari mahasiswa yang berbeda, dianggap tidak/ belum mengikuti UAS dengan konsekuensi nilai tidak keluar.



0 komentar:

Posting Komentar